Tempat Nongkrong Sore


           Aku adalah seorang karyawan sebuah toko komputer di Pati. Sistem kerja kami adalah memakai shif. Shif pagi itu masuk jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore, waktu istirahat 1 jam sekitar pukul 1 atau 2 siang. Sedangkan jika shif siang, masuk jam 11 siang dan pulang jam 8 malam, waktu istirahat  juga sama 1 jam tetapi untuk jamnya tidak pasti. Nah saat shif siang inilah biasanya jam istirahat aku suka mencari tempat nongkrong yang asyik untuk sekedar ngobrol dengan teman atau membaca buku. Etits... jangan salah aku selalu membawa buku di dalam bagasi motor. Entah dibaca atau tidak pasti ada minimal satu buku di dalam bagasi.

            Tempat nongkrong favoritku adalah stadion kota Pati, yaitu stadion Joyokusuma. Kenapa menjadi tempat favorit? Karena tempat ini adalah tempat yang ramai buat nongkrong. Stadion ini letaknya ada di Jalan Sugiyono depan SPBU Joyokusumo persis. Ada tiga pintu masuk utama semuanya ada di bagian depan. Pintu bagian utara langsung mengarah ke kantor KPU Pati, ya kantor KPU ada di dalam area stadion Joyokusuma. Pintu bagian tengah dan bagian selatan langsung mengarah pada area luas beraspal depan bangunan stadion. Dan juga lapangan basket di bagian depan area beraspal tadi.

            Ini adalah stadion baru, dulunya stadion kota Pati berada pada daerah Puri yang sekarang beralih fungsi menjadi pasar tradisional. Nah tempat yang biasanya dilangsungkan pertandingan tim sepak bola kebanggaan kota Pati yaitu PSIS, tempat ini juga bisa juga menjadi tempat multifungsi. Contohnya untuk konser, event-event daerah hingga tempat nongkrong anak muda.

            Biasanya aku ke stadion sekitar pukul 4 sore. Di pintu bagian tengah akan disambur sederet tukang jajanan keliling seperti tukang kojek, sempolan, siomay, batagor, cilok, tahu bulat dan sebagainya. Tujuanku utama kalau ke sini sih emang seringnya jajan. Hahaha. Oke, lanjut ke halaman luas bagian depan stadion tadi yang sempat aku sebutkan, biasanya area luas inilah yang digunakan untuk konser dan event. Kalau hari jumat biasanya ada balapan motor.

            Bagian kanan stadion atau sebelah selatan stadion di sana ada taman yang dengan jalan setapak yang dihiasi batu-batu kecil. Untuk refleksi kali ya, iya kan? Terus ada lapangan volly juga. Biasanya lomba-lomba sering diadakan di tempat ini. Bagian belakang stadion ada lapangan tenis dan area panahan. Untuk bagian utara atau sebelah kiri stadion ada pendopo yang biasanya digunakan untuk pentas seni seperti tari tradisional dan dance.


            Spot favoritku tetap di bagian taman itu, sambil baca buku dan menikmati jajanan kojek atau cilok. Hahaha. Oke deh, apakah kalian mau nongkrong sore bersamaku? Datanglah ke kota Pati. 

Pohon-pohon di bagian tamannya adem lhoh. 




#tantanganODOP


Pati, 27 April 2017


April Cahaya

6 comments: