[Review] Cerpen Pondok Jati



Bismillah...


Kali ini aku berkesempatan mereview tulisannya kakak cantik Nur Musabikah yang berjudul Pondok Jati. Cieh nama depannya samaan nih.

Oke, sebelumnya aku belum pernah baca karya-karya kakak cantik ini,  jadi ini yang pertama. Dan untuk pertama kalinya juga aku posting review di blog.

Setiap membaca cerita pasti yang dilihat dulu adalah judul.  Pondok Jati. Dari judul ini aku berpikir apakah ini sebuah pondok atau rumah sederhana seperti itu yang terbuat dari kayu jati?  Atau mungkin yang dimaksud pondok di sini adalah pondok pesantren?

Oke saatnya membaca ceritanya...
Dan..  Dugaanku yang kedua tentang cerita inilah yang benar. Ini tentang pondok pesantren.

Aku suka gaya menulis mbak Nur yang mendeskripsikan tempat, seakan-akan pembacanya memang bisa melihat langsung tempat yang diceritakan. Poin plus. Yah karena aku lemah dalam mendeskripsikan tempat ke dalam cerita.

Kalimat demi kalimat enak dibaca tidak terasa sudah di akhir cerita. Tapi... ada beberapa typo yang mengganggu.

Karena ini sejenis cerpen yang menurutku tidak ada konflik yah... Tidak perlu dikomentari panjang-panjang ya.

Cukup sekian dan terima kasih. Sukses terus buat mbak Nur.

Salam ODOP. :D



Pati, 09 Agustus 2017
April Cahaya

2 comments: